SMK Otomatisasi dan Tata Kelola Perkanatoran (OTKP) adalah salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran pada Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen. SMK Jurusan ini akan banyak membekali siswanya pengetikan naskah atau dokumen, penanganan telepon, penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, penataan dan pengelolaan arsip, penanganan perjalanan bisnis, penanganan dana kas kecil, Penyiapan pertemuan atau rapat, penanganan aplikasi, dan Penanganan informasi melalui internet.
Tenaga profesional di bidang Manajemen Perkantoran akan terus dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha dan industri. Hal tersebut membuat SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran masih banyak diminati hingga saat ini.
Potensi kerja siswa antara lain siswa bisa ditempatkan di Bank, Perkantoran Swasta, Perkantoran Pemerintah, BUMN, BUMD, Industri Pariwisata dan masih banyak lagi.
Lulusan PKM berpeluang dengan berkarir menjadi :
- Sekretaris
- Asisten Sekretaris
- Staff Admin Keuangan
- Staff Personalia
- Staff Tata Usaha
- Resepsionis